DOMINANSI KESALAHAN BERBAHASA PADA TEKS KARANGAN MAHASISWA BIPA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA (The Dominance of Language Errors in the Essay Text of BIPA Students at the Muhammadiyah University of Surakarta)

Melati Beauty, Laili Etika Rahmawati

Abstract


Characters, which described in the story are more interesting aspects as living as a human. Isuri and Hanafi are the central characters in Oddang’s short story who narrate how the character’s inner experiences that are unpleasant as a minority and make various efforts to reach the stage of actualizing themselves as a normal human being. This paper aims to analyze he needs level aspects of the central characters in two short stories Orang-orang dari Selatan harus Mati Malam itu and Di sana, Lima Puluh Tahun yang Lalu, using the Abraham Harold Maslow’s humanistic psychology approach. The data analyzed by using a descriptive qualitative technique with data reduction, data display, and conclusion. Results of the study showed that physiological needs, in particular, Isuri reached his needs through spirituality, while, Hanafi focused on the fulfillment of house; safety needs, Isuri avoided the chasing of state apparatus with hiding in the forest, then Hanafi decided to be Netherlands citizens to protect himself from the trouble. Love needs and belonging, make Isuri maintains his relationship with Upe even though the reality is not occurring as expected, Hanafi then preferred anomaly with having a love for the same-sex named Mapatang. Self esteem needs, Isuri defended his religion Tolotang, Hanafi tried to be a bissu to avoid cursing from his village. For the sefl-actualization needs, Isuri persuaded Uak to obtain civil rights, Hanafi actualized his self to learn the epic I La Galigo of the bissu hoby book.


Abstrak
Tokoh fiksi adalah aspek yang lebih menarik banyak perhatian, seolah-olah hidup seperti manusia. Isuri dan Hanafi adalah tokoh utama dalam cerpen Oddang yang menarasikan bagaimana pengalaman batin tokoh yang tidak menyenangkan sebagai orang minoritas dan melakukan berbagai upaya mencapai tahap mengaktualisasikan diri sebagai manusia normal. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis aspek tingkat kebutuhan tokoh utama dalam dua cerpen Orang-orang dari Selatan harus Mati Malam Itu dan Di Sana, Lima Puluh Tahun yang Lalu menggunakan pendekatan psikologi humanistik Abraham Harold Maslow. Data dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan penerapan reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan fisiologis, tokoh Isuri memenuhi kebutuhan ini lewat spiritualitas, sementara Hanafi berpusat pada pemenuhan tempat tinggal; kebutuhan rasa aman, Isuri menghindari kejaran aparat negara dengan bersembunyi dalam hutan, lalu Hanafi memutuskan menjadi warga negara Belanda demi melindungi diri dari marabahaya. Kebutuhan cinta dan rasa memiliki membuat, Isuri bersikeras mempertahankan hubungannya dengan Upe walaupun praktiknya tidak terpenuhi, Hanafi memilih anomali, yakni menjalin cinta dengan sesama jenisnya yang bernama Mapatang. Kebutuhan rasa harga diri/penghargaan, Isuri mempertahankan agamanya Tolotang, Hanafi berusaha menjadi bissu demi menghindarkan tulah di kampungnya. Kebutuhan aktualisasi diri, Isuri membujuk Uak memeroleh hak sipil warga negara, Hanafi mengaktualisasi dengan memperdalam mempelajari epos I La Galigo kitab bissu.


Keywords


dominance, language errors, written texts, BIPA

References


Ayuni, N. B. Q., Santoso, A. B., & Soleh, D. R. (2015). Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Morfologi dalam Skripsi Mahasiswa PBSI IKIP PGRI Madiun Tahun Akademik 2013/2014. Widyabstra, 3(2), 134171.

Aljalita, L. O. R. (2015). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskriptif Melalui Model Kooperatif Tipe Round Table pada Siswa Kelas X-1 SMAN Kulisusu Barat. Jurnal Humanika, 3(15), 114. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj/article/view/7490/5173%0A%0A

Ariyanti, R. (2019). Analisis Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital, Tanda Baca, dan Penulisan Kata pada Koran Mercusuar. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(4), 1228.

Gina, A. M., Iswara, P. D., & Jayadinata, A. K. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi melalui Model PWIM (Picture Word Inductive Model) Siswa Kelas IV B SD Negeri Ketib Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 141150. https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9534

Hafiz, M. S., Omar, A.-M. A., & Sher, K. ur R. M. G. (2018). Analysis of Syntactic Errors in English Writing : A Case Study of Jazan University Preparatory Year Students. Journal of Education and Practice, 9(11), 113–120.

Haryanti, A. S. (2019). Kesalahan Penggunaan Huruf Kapital pada Karangan Deskripsi terhadap Kemampuan Menulis Mahasiswa Universitas Indraprasta. Jurnal Kredo, 2, 351367.

Herniti, E. (2017). Kesalahan Berbahasa Indonesia Tulis pada Mahasiswa Thailand (Studi atas Pembelajar BIPA di PPB UIN Sunan Kaijaga). Thaqafiyyat, 18(1), 118.

Hidayah, I., & Widodo, P. (2019). Produksi Bahasa Tulis Penutur Asing: Studi Kasus Melati. Widyaparwa, 47(2), 128139.

Jovita, A., Agustiani, T., & Setiadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Keterampilan Menulis Mahasiswa Thailand di Program BIPA Universitas Muhamamdiyah Sukabumi. Jurnal Utile, 5(2), 188196.

Maharani, T., & Astuti, E. S. (2018). Pemerolehan Bahasa Kedua dan Pengajaran Bahasa dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 10(1), 121142. https://doi.org/10.21274/ls.2018.10.1.121-142

Markhamah, & Sabardila, A. (2014). Analisis Kesalahan & Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Nurjanah, E. S., Kusdiana, A., & Apriliya, S. (2017). Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Titik dan Koma dalam Karangan Narasi Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), 2029.

Putri, R. S., & Mulyono. (2018). Kesalahan Berbahasa pada Karangan Mahasiswa Program BIPA Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia UNESA Tahun 2017. Jurnal Bahasa Indonesia, 1(1), 110.

Robeeyah, B., Suyitno, I., & Susanto, G. (2017). Kesalahan Bentukan Kata Berafiks dalam Karangan Mahasiswa Thailand yang Berbahasa Ibu Bahasa Melayu. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(6), 756762.

Saadah, F. (2016). Analisis Kesalahan Berbahasa dan Peranannya dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 14(1), 129. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sainik, P. C., & Zamzani. (2015). Analisis Kesalahan Kalimat pada Karangan Berbahasa Indonesia Mahasiswa di Jawaharlal Nehru University New Delhi, India. Lingtera, 2, 5160.

Setiawan, D. A. (2016). Analisis Kesalahan Sintaksis Bahasa Indonesia dalam Karangan Deskripsi Siswa kelas VI SDN Kanigoro 02 Kecamatan Pegelaran yang Berbahasa Ibu Bahasa Madura. Pancaran, 5(3), 2536.

Setiyadi, A. C., & Salim, M. S. (2013). Pemerolehan Bahasa Kedua Menurut Stephen Krashen. Jurnal At-Tadib, 8(2), 265280.

Siagian, E. N. (2016). Analisis Kesalahan Berbahasa (Tulis) Mahasiswa BIPA Tingkat Lanjut Universtas Yale, USA. Seminar Nasional PS PBSI FKIP Universtas Jember, 1122.

Sugina. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa kaangan Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Megeri 01 Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014-2015. Stilistika, 4(1), 5970.

Yahya, M., Andayani, & Saddhono, K. (2018a). Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kesalahan Diksi dalam Kalimat Bahasa Indonesia Mahasiswa BIPA Level Akademik. Jurnal Kredo, 1(2), 5470.

Yahya, M., Andayani, & Saddhono, K. (2018b). Studi Kesalahan Penulisan Kalimat dalam Karangan Pelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 120. https://doi.org/10.15408/dialektika.v5i1.6295




DOI: https://doi.org/10.26499/sawer.v26i1.682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 SAWERIGADING

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SAWERIGADING INDEXED BY:

 Google Scholar Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) WorldCat 

 

________________________________________________________________________________

@2016 Sawerigading, Balai Bahasa Prov. Sulawesi Selatan dan Prov. Sulawesi Barat. Powered by OJS  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.