Minat Membaca Novel Memediasi Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMA Negeri Kota Malang
Abstract
The aim of this study is to analyze the influence of the learning environment on students' characters mediated by interest in reading novels. This research adopts a quantitative approach with explanatory research design. The subjects of the study are 11th-grade students majoring in Social Studies who take Indonesian language subjects at public high schools in Malang City, with a total sample size of 262 students. Structural Equation Modeling (SEM) is employed to analyze the hypotheses. The results of this study indicate that there is an enhancement of students' characters through self-potential development, which is influenced by the learning environment and directed by interest in reading novels. The learning environment supports the creation of opportunities for students to develop an interest in reading novels. Interest in reading novels serves as a mediation or link between the learning environment and the development of students' characters. Therefore, the findings of this study affirm that motivation to read novels can play a crucial role in shaping students' characters through the utilization of self-potential that occurs in a conducive learning environment.
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh lingkungan belajar terhadap karakter siswa yang dimediasi oleh minat baca novel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis explanatory research. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Peminatan Sosial yang menempuh mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri di Kota Malang, dengan jumlah sampel sebanyak 262 siswa. Untuk menganalisis hipotesis, digunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM). Top of FormHasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan karakter siswa melalui pengembangan potensi diri, yang dipengaruhi oleh lingkungan belajar dan diarahkan oleh minat membaca novel. Lingkungan belajar mendukung terciptanya kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan minat dalam membaca novel. Minat membaca novel menjadi mediasi atau penghubung antara lingkungan belajar dan perkembangan karakter siswa. Dengan demikian, hasil penelitian ini menegaskan bahwa motivasi membaca novel dapat berperan penting dalam membentuk karakter siswa melalui pemanfaatan potensi diri yang terjadi dalam lingkungan belajar yang kondusif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Indonesia Siswa Kelas VB di MIN Paju Ponorogo Tahun Pelajaran 2016/2017. In Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Agustina, A. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Teks Resensi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) di Kelas XI MIPA 1 SMAN 2 Bolo Semester II Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 316–327. https://doi.org/https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.93
Ahmad, A., & Medopa, N. (2020). Profesionalisme Guru Membangun Karakter Peserta Didik. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31970/gurutua.v3i1.38
Amri, F. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Membaca Siswa Kelas V Se- Kecamatan Pandak Bantul. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 21(8), 67–77.
Astuti, M., Herlina, Ibrahim, Prasilia, HellenSintia, D., & Wulandari, T. (2023). Pentingnya pendidikan karakter dalam dunia pendidikan. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 1(1), 141–151.
Budiatman, I., & Jurnia, D. (2021). Pola Manajemen dalam Membangun Sekolah Ramah Lingkungan. Jurnal Basicedu, 5(3), 1427–1434. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.940
Dalmeri. (2014). Pendidikan Untuk Pengembangan Karakter (Telaah terhadap Gagasan Thomas Lickona dalam Educating for Character). Al-Ulum, 14(1), 269–288.
Djumati, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Sekolah dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada SMK Negeri 1 Tidore. EDUKASI - Jurnal Pendidikan, 15(2), 198–214. https://doi.org/10.33387/j.edu.v15i2.529
Efendi, N. (2020). Implementasi Karakter Peduli Lingkungan di Sekolah Dasar Lolong Belanti Padang. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 62. https://doi.org/https://doi.org/10.23917/jpis.v29i2.9747
Erawati, A., Sagala, M. S., Simangunsong, N. M., & Hutagalung, T. (2019). Pengaruh Minat Baca Buku Fiksi Novel Terhadap Karakter Sosial Siswa Kelas XI SMA Kartika I-2 Medan. Prosiding Seminar Nasional PBSI II Tahun 2019, 101–107. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38954
Fathoni, N. L. (2018). Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Correlation Between Learning Environments With Interest in Learning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 34 (November 2017), 2018.
Fizriyani, W. (2014). Peranan Sastra Indonesia dalam membangun Keragaman Budaya: Perspektif Sejarah. Jurnal Dialektika, 1(1), 131–148. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
Habiballah, R. A., & Susanti, S. S. (2022). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). 4(1), 1–23. https://doi.org/10.56406/jpe.v1i1.11
Halimah, L. (2015). Pengembangan Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Jasmani Dan Olahragapada Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini, 5(1), 7–16. https://doi.org/10.21009/parameter.272.01
Hamid, R. S., & Anwar, M. S. (2019). STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM) BERBASIS VARIAN: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis (S. N. Abiratno (ed.); Cetakan 1, Issue september 2016). PT Inkubator Penulis Indonesia.
Hasnidar, S. (2019). Pendidikan Estetika Dan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah. Jurnal Serambi Ilmu, 20(1), 97. https://doi.org/10.32672/si.v20i1.997
Hikmawati, Yahya, M., Elpisah, & Fahreza, M. (2022). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 6(3), 4117–4124. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2717
Hudaa, S., Bahtiar, A., Haryanti, N. D., & Firdaus, W. (2021). Representasi Budaya dalam Novel Boenga Roos dari Tjikembang. JENTERA: Jurnal Kajian Sastra, 10(1), 45-56.
Irani, R., & Pogo, T. (2018). Pengaruh Intelligence Quotient (IQ) dan Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Siswa dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderator. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 02 (Gambar 1), 18.
Ismuwardani, Z., & Aliantan, I. (2020). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Pengantar Pendidikan. PERISKOP : Jurnal Sains dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 86–95. https://doi.org/10.58660/periskop.v1i2.11
Jumrawarsi, & Suhaili, N. (2020). 50 Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia PISSN 2657-0297. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54. https://doi.org/10.33559/eer.v2i3.628
Kardiyem, D. (2024). Pendidikan karakter (Cetakan Pe, Issue January). PT Penamuda Media Casa.
Kusuma, D., Adi, W. B., & Sunarto. (2018). Pengaruh Minat Baca, Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Tahun Angkatan 2014-2016. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(1), 1–15.
McKenna, D. D., Shin, S., Ahrens, D., Balke, M., Beza-Beza, C., Clarke, D. J., Donath, A., Escalona, H. E., Friedrich, F., Letsch, H., Liu, S., Maddison, D., Mayer, C., Misof, B., Murin, P. J., Niehuis, O., Peters, R. S., Podsiadlowski, L., Pohl, H., … Beutel, R. G. (2019). The evolution and genomic basis of beetle diversity. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 116(49). https://doi.org/10.1073/pnas.1909655116
Ningsih, P. O., Darsinah, & Ernawati. (2023). Pembentukan Karakter Pada Lingkungan Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 443–458. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1333
Nuraeni, Y. (2023). Hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Pembentukan Karakter Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 3(3), 7279–7287.
Pahrun, R. (Ratnarti), & Bidalo, Z. (Zulham). (2020). The Influence of School Environment on Students Reading Skills. International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology, 7(12), 195–200. https://www.neliti.com/id/publications/429004/
Pianta, R., Downer, J., & Hamre, B. (2016). Quality in early education classrooms: Definitions, gaps, and systems. Future of Children, 26(2), 119–138. https://doi.org/10.1353/foc.2016.0015
Poondej, C., & Lerdpornkulrat, T. (2016). The development of gamified learning activities to increase student engagement in learning. Australian Educational Computing, 31(2).
Putra, A., Septia, E., Tatalita, R. G., & Firdaus, W. (2022). SOCIAL CONFLICT IN LAZUARDI'S LABYRINE NOVEL RED LANGIT SAGA BY GOLA GONG. Magistra Andalusia: Jurnal Ilmu Sastra, 4(2).
Ryan, M. R., & Deci, L. E. (2020). Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development, and Well-Being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.4324/9780429052675-23
Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.36671/andragogi.v1i1.48
Siregar, M. S., & Harahap, A. (2024). Analisis Pengaruh Lingkungan Keluarga dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar Kecamatan Batang Onang Desa Batang Onang Baru. Progressive of Cognitive and Ability, 3(1), 1–8.
Sugiarti, & Andalas, E. F. (2018). Perspektif Etika Dalam Penelitian Sastra (Teori dan Penerapannya). In Universitas Muhammadiyah Malang.
Sulasih, E. S. (2016). Pengaruh Minat Membaca Karya Sastra Dan Kreativitas Terhadap Keterampilan Menulis Novel (Survei Pada Siswa SMK Swasta Pondok Bambu Jakarta Timur). Jurnal Pujangga, 2(2), 80–103. https://doi.org/10.47313/pujangga.v2i2.392
Sutarno, & Fatmawati, E. (2020). Analisis Faktor Lingkungan Terhadap Kebiasaan Baca Siswa Kelas I SD 3 Demaan Kudus. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9(1), 55–70. http://libraria.fppti-jateng.or.id/index.php/lib/article/view/84
Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4(1), 220–234. https://doi.org/10.33087/istoria.v1i1.6
Wahyuni, & Husna, N. (2020). Pengaruh Lingkungan Terhadap Minat dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Kasus di Sma Negeri 12 Banda Aceh). Jurnal Pena Edukasi, 7(2), 43–48.
Wigfield, A., & Cambria, J. (2010). Students’ achievement values, goal orientations, and interest: Definitions, development, and relations to achievement outcomes. Developmental Review, 30(1), 1–35. https://doi.org/10.1016/j.dr.2009.12.001
Refbacks
- There are currently no refbacks.