USING LITERATURE IN LANGUAGE TEACHING (Penggunaan Sastra dalam Pengajaran Bahasa)

Ratnawati Ratnawati

Abstract


Artikel ini membahas penggunaan sastra sebagai salah satu sumber dalam pengajaran bahasa. Berbagai isu teoretis tentang apa, mengapa, dan bagaimana sastra dalam pengajaran bahasa dipaparkan secara singkat. Puisi, prosa dan drama yang digunakan dalam pengajaran bahasa dipilih berdasar atas kebutuhan, minat, latar belakang budaya, tingkat kemampuan bahasa siswa. Beberapa alasan menggunakan sastra dalam pengajaran bahasa adalah materi autentik yang bernilai, memperkaya budaya, memperkaya bahasa, melibatkan pribadi, universal, bervariasi,menarik, ekonomis dan memiliki kekuatan sugestif, serta ambiguitas. Cara-cara penggunaan sastra dalam pengajaran bahasa bergantung pada pendekatan dan prinsip tertentu.

 


Keywords


sastra, sumber pengajaran, pengajaran bahasa

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26499/sawer.v15i3.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 SAWERIGADING

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

___________________________________________________________________________________________________

SAWEIGADING INDEXED IN:

     
     

_______________________________________________________________________________________________________

 

SAWERIGADING diterbitkan oleh Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Perkumpulan Pengelola Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya (PPJB-SIP)

 SAWERIGADING is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License