EKSPLORASI NILAI PENDIDIKAN DALAM KELONG MAKASSAR
Abstract
The research discusses educational values found in kelong as one of Makassarese literary. It applies
descriptive analytic method and collects data with interview, documentation, listening-noting, and recording
technique. The results show that the kelong lyrics imply educational values about religious teaching like
the importance of religious teaching for children at early age, performance of prayer, repentance for
the mistakes, and prudence. As a literary work, it not only brings pleasure but also guidance life for
locals supporting it. Moreover, literary plays an important role in building wise, high-minded, and more
humanistic character.
Abstrak
Penelitian ini mengkaji nilai edukatif yang terdapat dalam kelong, sebuah genre karya sastra Makassar. Penelitian
ini menggunakan metode deskriptif analitis dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, teknik dokumentatif,
teknik simak catat, dan perekaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bait-bait dalam nyanyian kelong,
mengandung nilai edukatif dalam bentuk ajaran keagamaan (relegius), seperti penekanan ajaran agama secara
dini pada anak-anak, mendirikan salat, dan bertobat. Kelong juga mengandung nilai pendidikan moral adalah
seruan kepada anak untuk dididik dengan baik, nasihat bagi anak yang akan merantau, kesadaran untuk menuntut
ilmu, prinsip hidup, dan sikap kehati-hatian. Kelong sebagai karya sastra tidak saja memberi kenikmatan, tetapi
juga memiliki nilai manfaat yang sangat tinggi untuk membimbing kehidupan masyarakat pendukungnya.
Sastra berperan dalam membentuk insan yang budiman, mengasah nurani, dan membuat manusia menjadi lebih
manusiawi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Teeuw. 1988. Sastra dan Ilmu Sastra:
Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pustaka
Jaya.
Alo, Liliweri. 2001. Gatra-Gatra Komunikasi
Antarbudaya. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Arief, Aburaerah dan Zainuddin Hakim (Eds.).
Sastra Lisan Makassar: Sinrilikna
Kappalak Tallumbatua. Jakarta: Yayasan
Obor Indonesia.
Basang, Djirong. 1986. Pencerminan Rasa
Kebangsaan dalam Sastra Makassar
Khusus dalam Sinrilik. Ujung Pandang:
FKSS IKIP.
Basang, Djirong. 1997. Taman Sastra Makassar.
Ujung Pandang: CV. Alam.
Dimyati, Moh. 1999. Integrasi Pendidikan
Nilai Socio-Civics Keindonesiaan pada
Siswa Sekolah Dasar. Hasil Penelitian
tidak Diterbitkan. Malang: Program Studi
Teknologi Pembelajaran, PPS UM.
Hakim, Zainuddin, dkk. 1995. Bunga Rampai.
Ujung Pandang: Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan.
Hakim, Zainuddin.1992. Doangan. Ujung
Pandang: Balai Bahasa Ujung Pandang.
Mangunwijaya, Y. B. 1982. Sastra dan
Religiositas. Jakarta: Sinar Harapan.
Manyambeang, Abd. Kadir. 1998. Lontaraq
Riwayaqna Tuanta Salamaka Ri Gowa:
Suatu Analisis Rintisan Filolinguistik.
Disertasi tidak diterbitkan. Ujung Pandang:
PPS UNHAS.
Matthes, B.F. 1985. Beberapa Etika dalam Sastra
Makassar. Jakarta: Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan, Proyek Penerbitan Sastra
di Daerah.
Nappu, Sahabuddin. 1986. Kelong dalam Sastra
Makassar. Jakarta: Proyek Penerbitan buku
Sastra Indonesia dan Daerah.
Nasruddin. 1998. Nilai Religi dalam Kelong
Sastra Makassar. Ujung Pandang: Balai
Bahasa Ujung Pandang.
Parawansa, Paturungi, dkk. 1992. Sastra Sinrilik
Makassar. Jakarta: Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan.
Rubiyanto, Rubino, dkk. 2004. Perkembangan
Peserta Didik. Surakarta: BP FKIP UMS.
Rukiyanto, Agus. 1992. Ajaran Nilai Max
Scheler. Dalam R. Bambang Rudianto,
dkk. (Eds.) Diskursus Kemasyarakatan dan
Kemanusiaan (hlm. 177-190). Yogyakarta:
Kanisius.
Sikki, Muhammad dan Nasruddin. 1991. Puisi-
Puisi Makassar. Jakarta: Pusat Pembinaan
dan Pengembangan Bahasa.
DOI: https://doi.org/10.26499/sawer.v19i3.447
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 SAWERIGADING

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SAWERIGADING INDEXED BY:
________________________________________________________________________________
@2016 Sawerigading, Balai Bahasa Prov. Sulawesi Selatan dan Prov. Sulawesi Barat. Powered by OJS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.