KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN STRATEGI PEMODELAN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PASANGKAYU, SULAWESI BARAT

M. Asri B

Abstract


The study aimed at revealing the level of creativity in writing descriptive essays of grade X students at SMAN
1 Pasangkayu, West Sulawesi by using modeling strategy. This study was an experiment research with pretestposttest
control group design. There were two groups selected by using random sampling technique, the experiment
group and the control group. The population is eight classes; the samples of the study selected are grade X-7 as
the experiment class and grade X-5 as the control class. The result revealed that there was a significant difference
on writing test result of descriptive essays between the experiment class, which was treated in a modeling strategy
and the control class, which was treated conventionally. It was proved by t-test which showed that almost all of
evaluation aspects have tcount > ttable > except the mechanic aspect. The aspects were the content aspect tcount
(6.234 >2.000), essays organization aspect tcount (8.154 > 2.000), the language used aspect tcount (3.310 >
2.000), vocabulary aspect tcount (5.293 > 2.000), and the mechanic aspect tcount (0,249 < 2.000). The result
indicates that the modeling strategy is effective to be used in improving writing descriptive essays of grade X
students at SMAN Pasangkayu, West Sulawesi.

 

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengungkap tingkat kreativitas menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri
1 Pasangkayu, Sulawesi Barat dengan menggunakan strategi pemodelan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen
dengan model pre-test-pos-test control group design (rancangan tes awal-tes akhir kelompok kontrol). Dalam
penelitian ini, terdapat dua kelompok yang telah ditentukan secara acak, yaitu kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol. Dari kedelapan kelas SMA Negeri 1 Pasangkayu, Sulawesi Barat sebagai populasi penelitian,
ditentukan dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai
kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil tes menulis
karangan deskripsi antara kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan strategi pemodelan dan kelompok
kontrol yang diberikan perlakuan secara konvensional, yaitu metode ceramah. Hal tersebut dapat dilihat dari uji-t
yang menunjukkan bahwa semua aspek penilaian memiliki t-hitung > nilai t-tabel, kecuali aspek mekanik (ejaan
dan tanda baca). Aspek isi karangan t-hitung (6,234 > 2,000), aspek organisasi karangan t-hitung (8,154 > 2,000),
aspek penggunaan struktur bahasa t-hitung (3,310 > 2,000), aspek kosakata (pilihan kata) t-hitung (5,293 > 2,000),
aspek mekanik (ejaan dan tanda baca) t-hitung (0,249 < 2,000). Dari hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa strategi
pemodelan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA
Negeri 1 Pasangkayu, Sulawesi Barat.


Keywords


modeling strategy; descriptive essays; SMAN 1 Pasangkayu; strategi pemodelan karangan deskripsi; SMA Negeri 1 Pasangkayu

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti. 1996. Pembinaan Kemampuan

Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:

Erlangga.

Aminah. 2012. "Peningkatan Keterampilan

Menulis Teks Berita Melalui Strategi

Pemodelan (Modelling) pada Siswa Kelas

VIII SMP Negeri 1 Mandai Kabupaten

Maros." Tesis tidak Diterbitkan. Program

Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Lestari, Dwi Yani. 2008. "Peningkatan Kemampuan

Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas

X-2 SMA Negeri 1 Purwaharjo Kabupaten

Banyuwangi dengan Menggunakan

Metode Gambar dan Imajinasi" . Skripsi

tidak diterbitkan .Jurusan Sastra Indonesia,

Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.

Nurhadi,dkk. 2002. Pembelajaran Konstekstual.

Malang: IKIP Malang.

Nurdin.2003. Dasar-Dasar Penulisan. Malang:

Cespur.

Sugono, Dendy dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa

Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Suparno dan Muh. Yunus. 2004. Keterampilan

Dasar Menulis. Jakarta: Universitas

Terbuka.

Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Learning:

Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai

Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Penerbit Angkasa.

Wahid, Sugira dan Juanda. 2006. Analisis

Wacana. Makassar: Badan Penerbit UNM.




DOI: https://doi.org/10.26499/sawer.v19i3.446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAWERIGADING

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SAWERIGADING INDEXED BY:

 Google Scholar Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) WorldCat 

 

________________________________________________________________________________

@2016 Sawerigading, Balai Bahasa Prov. Sulawesi Selatan dan Prov. Sulawesi Barat. Powered by OJS  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.