INDUSTRI KREATIF KEBAHASAAN POTENSI MEDIA PEMASYARAKATAN DWIBAHASA
Abstract
In the early twentieth age, the growth and development of creative industry occur such as: film, video,
photography, music, performance, architecture, handycraft, fiction and nonfiction books, publishing,
advertisement, interactive game, and so on. The reserach of creative industry illustrates the big
potential of creative industry which is based on language and supported by language. The potential
of creative industry could have effect through collaboration movement of language institution with the
businessmen ofcreative industry in the motherland. The collaboration involvesfield worker, practitioner,
andprofessionals (researcher, translater, dubber, designer, lexicographer, and training organizer), and
linguists, and lower and middle businessman. The handling of the growth and development of language
creative industry is very strategic to socialize the use of both Indonesian and foreigner to promote the
product of creative industry to the free market in Asean and Asia-Pasific area. Its success will drive the
economy of the lower and middle society.
Abstrak
Pada awal abad ke-21 ini telah terjadi pertumbuhan dan perkembangan di bidang industri kreatif:
film, video, fotografi, musik, pertunjukan, arsitektur, kerajinan, karya fiksi dan nonfiksi, penerbitan/
percetakan, periklanan, permainan interaktif, dan sebagainya. Penelitian tentang industri kreatif ini
memperoleh gambaran betapa besar potensi industri kreatif berbasis bahasa dan industri kreatif berdaya
dukung bahasa. Potensi industri kreatif kebahasaan itu dapat diberdayakan melalui gerakan kolaborasi
lembaga pengelola kebahasaan dengan para pengusaha industri kreatif di tanah air. Kolaborasi itu
melibatkan tenaga kerja lapangan, praktisi, kalangan profesional (peneliti, penerjemah, penyulih suara,
perancang, pengolah kata, penyelenggara pelatihan), dan tenaga kebahasaan, serta pengusaha kecil
dan menengah. Penanganan pertumbuhan dan perkembangan industri kreatif kebahasaan itu sangat
strategis untuk masyarakatkan penggunaan dwibahasa Indonesia dan asing dalam pemasyarakatan
produk industri kreatif ke pasar bebas kawasan Asean ataupun Asia-Pasifik. Keberhasilan semua itu
akan menggerakan ekonomi masyarakat kelas bawah dan kelas menengah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwi, Hasan dan Dendy Sugono. 2011. Politik
Bahasa. Jakarta: Badan Pengembangan
dan Pembinaan Bahasa.
Chafe, Wallace L 1970. Meaning and the Structure
of Language. Chicago: The
University of Chicago Press.
Departemen Pendidikan Nasional. 2009. Undang-
Undang 24 tentang Bendera,
Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu
Kebangsaan. Jakarta.
Halim, Amran. 1979. Pembinaan Bahasa
Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.
Moeliono, Anton M. 1980. Bahasa Indonesia
dan Ragam-Ragamnya. Dalam Majalah
Pembinaan Bahasa Indonesia. Jilid I. No.
Jakarta: Bhratara.
Pike, Kenneth L. dan Evelyn G. Pike. 1982.
Grammatical Analysis. Dallas:SIL dan
The University of Texas di Arlington.
Sugono, Dendy. 2005a. "Penggunaan Bahasa
Indonesia dalam Film dan Ruang
Publik." Dalam Seminar Penggunaan Bahasa
pada Film/Sinetron dan Ruang Publik.
Jakarta. Pusat Bahasa.
_____. 2005b. "Prospek Bahasa Indonesia
dalam Era Globalisasi" Dalam
Seminar Pengajaran Bahasa Indonesia di
Australia. Perth, Australia.
_____.2010. "Arah Pengembangan Bahasa
Indonesia" Dalam Kandai:Majalah
Bahasa dan Sastra. Kendari: Kantor
Bahasa Sulawesi Tenggara.
_____. 2007. "Kebijakan Pengembangan
Bahasa Indonesia dan Konteks
Pergaulan Antarbangsa." Dalam Seminar
Pemertahanan Bahasa dalam Konteks
Nasional dan Global. Semarang.
______. 2011."Membentuk Karakter Bangsa
Melalui Pendidikan Bahasa Indonesia"
Dalam Sawerigading:Jurnal Bahasa dan
Sastra. Makassar: Balai Bahasa Provinsi
Sulawesi Selatan.
DOI: https://doi.org/10.26499/sawer.v19i3.441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 SAWERIGADING

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
SAWERIGADING INDEXED BY:
________________________________________________________________________________
@2016 Sawerigading, Balai Bahasa Prov. Sulawesi Selatan dan Prov. Sulawesi Barat. Powered by OJS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.