PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN THINK PAIR SHARE KELAS VII SMP NEGERI 1 PAMMANA

NFN Adri

Abstract


The research is a classroom action research on writing poetry with the type of cooperative method think, pair, and share in class VII student of SMP Negeri 1 Pammana. The result obtained with planning the learning to write poetry using thinkpair share type in class VIIstudents ofSMPNegeriIPammana Wajo is designedby lessonplan containing standards of competence, basic competence, the material, the indicators, learning objectives, methods, learning steps, time allocation, learning materials, and assessment. Implementation of learning is done for two cycles with four meetingsfor each cycle. Each cycle is carried out byfollowing the planning, action, observation, and reflection. Assessment of learning is based on assessment process and results. Based on the description of the planning, action, and assessment, it can be stated that teaching writing poetry increased with think, pair, and share type

 

Abstrak Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) tentang penulisan puisi dengan metode kooperatif tipe Think Pair Share (berpikir, berpasangan, dan berbagi) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pammana. Dengan hasil yang diperoleh perencanaan pembelajaran menulis puisi dengan tipe Think Pair Share (Berpikir, Berpasangan, dan Berbagi) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pammana Kabupaten Wajo dirancang dalam bentuk RPP yang memuat standar kompetensi, kompetensi dasar, materi, indikator, tujuan pembelajaran, metode, langkah-langkah pembelajaran, alokasi waktu, sumber belajar/bahan, dan penilaian. Pelaksanaan pembelajaran selama dua siklus dengan empat kali pertemuan setiap siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan mengikuti tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penilaian pembelajaran yaitu penilaian proses dan penilaian hasil. Berdasarkan uraian perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian tersebut dapat dinyatakan bahwa pembelajaran menulis puisi mengalami peningkatan dengan tipe TPS.


Keywords


writing ability; poetry; Think Pair Share method; kemampuan menulis; puisi; metode Think Pair Share

Full Text:

PDF

References


Ackhadiat, Sabarti, dkk., 1994. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Burhanuddin, dkk., 2002. Manajemen Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tim Penyusun. 2006. Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Tim Penyusun. 2006a. KTSP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Tim Penyusun. 2006b. Silabus Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra SMP. Jakarta: Depdiknas.

Depoter, B. & Hernacki, M., 2001. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Abudurrahman Bandung: Kaifa.

Ghofur, Abdul. 2003. Pola induk Pengetahuan Sistem Penilaian. Proyek Peningkatan Mutu Sulawesi Selatan. Makassar.

Ibrahim, Muslim, dkk., 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA.

Ibrahim, Muslim. 2002. Assesment Authentic, Modul: Bio D-01, Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi. Jakarta: Direktorat SLTP, Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Mirriam, Caryn. 2006. Daripada Bete Nulis Aja. Bandung: KAIFA.

Sumardjo, J., 2001. Catatan Kecil tentang Menulis Cerpen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syafi'i. Imam. 1998. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.26499/sawer.v19i2.424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAWERIGADING

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SAWERIGADING INDEXED BY:

 Google Scholar Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) WorldCat 

 

________________________________________________________________________________

@2016 Sawerigading, Balai Bahasa Prov. Sulawesi Selatan dan Prov. Sulawesi Barat. Powered by OJS  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.