PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI MELALUI TEKNIK PEMODELAN PADA SISWA KELAS X2 SMA NEGERI 1 LILIRILAU

Abd. Rasyid

Abstract


This writing is classroom action research that is intended to increase students ability in reading poetry using
modelling technique of students class X2 of SMA Negeri I Lilirilau. Specifically, the aim of this writing is to
describe planning, performing, and learning assessment. Result of research shows that modelling technique in
learning to read poetry can increase students class X2 ability of SMA Negeri I in planning, performing, and
assessment level. The ability of reading poetry by paying attention to the pronunciation, tone, stres, and
intonation based on the research is in the pre-action only 16,66 % who passes learning completely, circle 159,38
% student that passes learning completely, circle II the percentage achieves 80,64 %, and circle III students
ability achieves 96,77 %.

 

Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui teknik pemodelan pada siswa kelas X2 SMA
Negeri 1 Lilirilau. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Hasil penelitian membuktikan bahwa
teknik pemodelan dalam pembelajaran membaca puisi dapat meningkatkan kemampuan siswa
kelas X2 SMA Negeri 1 Lilirilau pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penilaian
kemampuan ditemukan hasil analisis tes kemampuan membaca puisi dengan memperhatikan
lafal, nada, tekanan, dan intonasi menunjukan bahwa pada tahap pratindakan hanya 16,66%
yang mencapai ketuntasan belajar, siklus I 59,38% siswa yang mengalami ketuntasan belajar,
pada siklus II mencapai 80,64%, dan pada siklus III kemampuan siswa mencapai 96,77%.


Keywords


increasing; reading poetry; modelling technique; peningkatan; pembacaan puisi; teknik pemodelan 73

Full Text:

PDF

References


Aminuddin. 2009. Pengantar Apresiasi Karya Satra.

Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Antok. 2009. Defenisi Puisi. http://educare.efkipunla.

net. Diakses 20 Desember 2009.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budianta, Melani dkk. 2008. Membaca Sastra

(Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan

Tinggi). Depok: Indonesia Tera.

Djumingin, Sulastriningsih dan Mahmudah. 2007.

Pengajaran Prosa Fiksi dan Drama.

Makassar: UNM

Jamaan, Nurhayati. 2006. Kemampuan Siswa

Kelas VII SMP 16 Makassar

Mendeklamasikan Puisi Melalui Teknik

Pemodelan. Skripsi. Makassar: FBS UNM

Johnson, Elaini. 2002. Contextual Teaching and

Learning. Terjemahan oleh Ibnu Setiawan.

Bandung: MLC.

Lidiyani, Andi. 2007. Efektifitas Penggunaan

Teknik Pemodelan pada Pembelajaran

Membaca Puisi Siswa Kelas X SMA

Negeri 5 Makassar. Skripsi. Makassar: FBS

UNM

Nensilianti. 2003. Teori Sastra; Himpunan Teori

Dasar. Diktat. Makassar: FBS UNM.

Nurgiantoro, Burhan. 2009. Penilaian dalam

Pengajaran Bahasa dan Sastra, Yogyakarta:

BPFE

Rudy, Rita I. 2008. "Paradigma Baru Pengajaran

Apresiasi Sastra Indonesia" Makalah.

Dipresentasikan pada Kongres IX Bahasa

Indonesia di Jakarta, 28 Oktober-1

November 2008.

Sahabuddin. 2007. Mengajar dan Belajar. Makassar:

Badan Penerbit UNM

Suryati, Atit. 2009. Implementasi Pendekatan

Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan

Kreativitas Siswa. http://educare.efkipunla.

net. Diakses 13 November 2009.

Sutjarso, Adi. 2006. Pengajaran Puisi Indonesia.

Bahan Ajar. Makassar: FBS UNM.

Tarigan, Henri Guntur. 2008. Membaca Sebagai

Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa Bandung.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif

Progresif. Jakarta: Kencana.

Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan Apresiasi Puisi.

Jakarta: Erlangga.

Widyartono, Didin. 2009. Teknik Pembelajaran

Membacakan Puisi Bergaya Poetry

Reading Melalui Latihan Dasar Teater.

http://www.ziddu.com. Diakses 13

November 2009.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan

Penerapannya dalam KBK. Malang:

Universitas Negeri Makassar.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2007. Pengkajian Puisi.

Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26499/sawer.v17i1.333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAWERIGADING

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SAWERIGADING INDEXED BY:

 Google Scholar Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) WorldCat 

 

________________________________________________________________________________

@2016 Sawerigading, Balai Bahasa Prov. Sulawesi Selatan dan Prov. Sulawesi Barat. Powered by OJS  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.