PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI MEDIA GAMBAR DI SMA NEGERI 1 TINGGI MONCONG

M. Ridwan

Abstract


This research is intended to describe improving descriptive writing of students class XI MSA Negeri I Tinggi Moncong using picture. Result of the research shows that using learning medium especia.lly picture cam improve tdescriptive writing skill of students class XI SMA Negeri I Tinggi Moncong. The improving is shown by result of action research done using two circles. Pre-action shows that result of descriptive writing skill undertakes many problems. Then, first circle shows that the use of learning medium_ picture_ can improve descriptive writing skill even though it has not been at maximum level yet. Based on result of the research using interval determined, 19 students get score below 65 and 11 students get score above 65. At circle II, no studlents get score below 65, it means all get score above 65. Learning descriptive writing skill achieves students' success above 85 % SKMB ofschool.

Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis deskripsi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tinggi Moncong melalui media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran khususnya media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tinggi Moncong. Peningkatan tersebut tampak pada hasil tindakan penelitian yang telah dilakukan melalui dua siklus. Pratindakan menunjukkan hasil menulis karangan deskripsi yang kurang dengan berbagai kendala. Selanjutnya, siklus I menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran media gambar dapat meningkatkan kemampuan menulis namun belum maksimal. Dari hasil penilaian berdasarkan interval nilai yang ditetapkan, 19 orang siswa yang mendapatkan nilai di bawah 65 dan 11 orang siswa mendapatkan nilai di atas 65. Pada siklus II, Pemerolehan nilai siswa bahwa tidak ada siswa yang memperoleh di bawah 65, sedangkan keseluruhan siswa memperoleh 65 ke atas. Pembelajaran menulis karangan deskripsi diukur keberhasilan siswa mencapai nilai rata-rata di atas 85% sebagai SKBM sekolah.


Keywords


writing; descriptive; picture ; menulis; deskripsi; media gambar

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti dkk. 1996. Menulis. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Alwi, Hasan, dkk. 200. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia Edisi III. Jakarta: Balai Pustaka.

Arief S. Sadiman dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada

Arikuto, Suharsimi. 2002. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bachtiar, Harsja W. 1993 Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Baisoetii. (1998). Komputer dan Pendidikan. Yogyakarta.

Daniel, Jos (1986). Belajar dan Pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta.

Darmadi, Kaswan. 1998. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Jakarta: Balai Pustaka.

Depdikbud. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Djamarah, Syaiful Bahri. Psikologi Belajar.

Rineka Cipta; 2002 Hadi, Amirul dan Haryono. 2005. Metodologi Peneliti Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Bandung: Penerbit Alumni.

Kerai, Gorys. 1997. Komposisi. Jakarta: Penerbit Nusa Indah.

Kerai, Gorys. 1997. Komposisi. Jakarta: Penerbit Nusa Indah.

Mulyasa, E. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementa.si. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurgiantoro, Burhan. 1987. Penilaia.n Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE.

Nurhadi. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextua.l Teaching and Learning CTL) dan Penerapan dalam KBK IKIP Malang.

Rumampuk, D.B. (1988). Media Instruksional IPS. Jakarta : P2LPTK-Ditjen Dikti Depdikbud.

Sadiman, Ariei S, dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sannang, Ramli. 1985. Strategi BeajarMengajar Keterampilan Berbahasa dan Mengapresiasikan Sastra Indonesia. Ujung Pandang: FPBS IKIP Ujungpandang.

Sardiman. 2003. Interaksi dan Motivasi Belajar mengajar Jakarta: Rajawali Pers.

Silitonga,M.,dkk., 1984. Kema.mpua.n Berbahasa Indonesia Siswa Kelas III SMP Sumatra Utara: Membaca dan Menulis. Jakarta: Depdikbud.

Slameto (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Bumi Aksara

Sudjana, Nana. 1982. Pedoman Praktis Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Syah, Muhibbin. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung : Rosda karya

Tarigan, H. G. 1986. Teknik Pengajaran Keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henri Guntur. 1992. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.26499/sawer.v17i1.324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 SAWERIGADING

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SAWERIGADING INDEXED BY:

 Google Scholar Indonesian Scientific Journal Database (ISJD) WorldCat 

 

________________________________________________________________________________

@2016 Sawerigading, Balai Bahasa Prov. Sulawesi Selatan dan Prov. Sulawesi Barat. Powered by OJS  

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.